Rabu, 11 April 2012

Lagu 'Iwak Peyek' Mirip Lagu Boney M dan Cock Sparer

foto
Rumah Woles.com - Di balik popularitas lagu Iwak Peyek dan kasus royalti, kini muncul kontroversi baru. Lagu yang mulanya diciptakan H. Imron dan belakangan menjadi hits karena dinyanyikan Trio Macan, ternyata disebut-sebut mirip dengan dua lagu dari Barat..


Pengamat Musik Denny Sakrie mengatakan, lagu Iwak Peyek mirip dengan lagu yang dipopulerkan grup musik asal Jerman Boney M pada tahun 1970an. “Terutama dengan lagu Holiday karya Boney M,” kata Denny saat dihubungi pada 9 April 2012.

Lagu Iwak Peyek diciptakan Imron pada 2009 untuk kesebelasan kesayangannya, Persebaya Surabaya. Imron dikenal sebagai Bonek, pendukung Persebaya. Ia mendapat inspirasi membuat lagu itu saat mendukung Persebaya saat laga play off di Stadion Siliwangi, Bandung.

Sedangkan lagu Holiday, yang dipopulerkan Boney M sebenarnya berjudul 'Hooray Hooray! It's a Holi-Holiday'. Lagu itu dirilis pertama kali di Jerman tahun 1979.

Empat anggota pendiri Boney M. adalah Liz Mitchell dan Marcia Barrett yang orang Jamaika, Maizie Williams dari Montserrat, dan Bobby Farrell dari Aruba. Mereka adalah grup musik disko yang dibentuk pada tahun 1975 oleh produser rekaman berkebangsaan Jerman bernama Frank Farian.

Selain memiliki kemiripan dengan lagu grup asal Jerman, Iwak Peyek ternyata juga mirip dengan lagu Take ‘Em All milik band Oi! punk lawas Inggris, Cock Sparrer.

Cock Sparrer merupakan band Oi! Punk asal Inggris yang terbentuk pada 1972. Mereka adalah salah satu band streetpunk paling berpengaruh yang mempopulerkan subgenre Oi!.

Nada lagu Iwak Peyek pada bagian lirik

“Iwak peyek, Iwak peyek, Iwak peyek sego Jagong
Sampek elek, Sampek tuwek, Sampek matek, Tetap didukung.”

mirip dengan nada lagu 'Hooray Hooray! It's a Holi-Holiday pada lirik

Hooray! Hooray! It's A Holi-Holiday what a world of fun for everyone, holi-holiday.

Nada pada lirik Iwak Peyek itu juga mirip dengan lagu Take ‘Em All pada bagian chorus lagu Take ‘Em All khususnya bagian awal alias verse

0 komentar:

Posting Komentar