Rabu, 11 April 2012

69 HARI TERJEBAK DALAM TAMBANG, PETAMBANG CILE BERKATA "SAYA SUDAH MELIHAT SETAN DAN TUHAN"


Setelah 69 hari terperangkap dalam tambang di kedalaman 700 meter di San Jose, Cile, sebelum akhirnya diselamatkan, Mario Sepulveda mengatakan, dirinya sudah berubah. "Saya mengubur 40 tahun hidup saya di bawah sana, dan saya akan hidup lebih lama untuk menjadi orang baru," katanya dalam sebuah konferensi video beberapa jam setelah muncul lagi di permukaan tanah.

Sepulveda, petambang kedua yang dikeluarkan dari lubang tambang itu, menasehati mereka yang mengambil risiko yang tidak semestinya dalam hidup. "Saya pikir saya telah belajar banyak hal indah tentang mengambil jalan yang baik dalam hidup," katanya. "Bagi anda yang dapat memanggil istri atau suami anda, lakukanlah itu."

Selama terjebak dalam lubang tambang, Sepulveda mengatakan, ia telah melihat kebaikan dan kejahatan."Saya bersama Tuhan dan saya juga bersama setan. Mereka bertarung, dan Tuhan menang," katanya seperti dikutip CNN, Kamis (14/10). Sepulveda menuturkan, ia meraih tangan Tuhan dan tidak pernah ragu bahwa ia akan diselamatkan.

Sepulveda memuji upaya dari regu penyelamat tapi ia berpendapat bahwa perlu untuk mereformasi industri pertambangan. "Saya pikir negara ini harus memahami bahwa kita bisa melakukan perubahan. Di bidang tenaga kerja, kita telah membuat banyak perubahan," katanya. "Saya pikir pemilik harus memberikan perangkat sehingga para manajer menengah dapat membawa perubahan dalam hal tenaga kerja. Para manajer menengah tidak bisa melakukan itu dengan wewenang seperti yang mereka miliki sekarang."

Ia sangat memuji peran para dokter dan psikolog yang membantu para petambang melalui video-konferensi. "Mereka mengembalikan hidup kami. Sangat luar biasa, dengan jarak 700 meter di antara kami, dan kami tidak saling tatap muka, mereka memulihkan kehidupan kami," katanya.

Dengan perhatian media yang tinggi dan jadi tontonan dunia, Sepulveda mengatakan, ia berharap untuk bisa tetap low profile dan sadar bahwa mereka telah diselamatkan. "Satu-satunya saya minta secara pribadi adalah bahwa anda harap tidak memperlakukan kami seperti selebriti atau jurnalis. Saya ingin untuk terus diperlakukan sebagai Mario Antonio Sepulveda Espinace, pekerja, petambang, itu saja. Saya mencintai itu, dan saya berpikir, dalam beberapa keadaan, cara atau bentuk, saya ingin terus bekerja," katanya.

Sepulveda didampingi anggota keluarganya saat berbicara. "Saya sangat bahagia untuk semua hal-hal indah yang telah dilakukan bagi kami," katanya. "Saya sangat senang berada di atas sini lagi."

0 komentar:

Posting Komentar