Rabu, 11 April 2012

Macam2 Tipe Update Status Facebook Di Indonesia

Bagi gw sendiri, facebook cuma sekedar sarana interaksi dan telekomunikasi, juga media hiburan, coba jja liat beranda aye yang isinya macem2, penuh dengan orang-orang yang menyampaikan kalimat tausyiah, ada juga yang norak, ada yang putus cinta, ada yang katrok, sok gaul ( atau mungkin pengen digaulin ), ada juga yang alay addicted, ada yg bikin ngakak, ada juga yg bikin males baca. berdasarkan latar belakang berikut ada beberapa tipe peng-update status facebook.

Diantaranya adalah :
1. Melankolis mode on
Example :
“Lagi-lagi dia bikin aku sakit hati..”, “Sepertinya aku hanya bisa memendam perasaan ini…”, “sayang mank paling top deh… udah beliin aqu kwaci”, atau “Makasih ya sayang, udah seharian nemanin aku…”
Nah, para user tipe begini biasanya menjadikan facebook sebagai tempat/media pelepasan keluhan/kesenangan dari user tersebut, pada umumnya user menulis status bertemakan cinta-cinta’an...  banyak lah yg kaya gini...

2. Update Maniak
maniak Artinya tergila-gila, dan update.. yah itulah…
User tipe ke 2 ini, selalu berusaha agar teman-teman di fbnya selalu tau dan up to date dengan kegiatan sehari-harinya.. akibatnya mungkin dalam sehari bisa lebih 30x ganti status malah mungkin lebih, bahkan ada juga yg update statusnya bisa dibilang /menit, hoah, dah kecanduan ppa mw pamer... tidak penting kualitas status yang penting UP TO DATE… terkadang malah membuat beranda teman-tamannya terasa sesak akan keberadaannya…
Contoh statusnya :
“lagi nunggu pacar mandi”,“otw ke rumah”, “kebelet pi2s”, “sarapan pagi di taman lawang’” “kenyang”,,, pokoknya status tak penting ( bner gga?? ),

3. Obsesi Breaking News
Nah, ini fungsinya sama seperti yang ditipi-tipi, statusnya berisikan berita- berita hangat dan baru terjadi
contohnya :
“gempa 7,9 SR menggguncang padang, dimana-mana kebakaran”, “gunung merapi meletus” dll. nah yang kea gini nih yg berguna bagi orang2 laen...

4. Sombong bin Angkuh
Ada sebagian user yang sebenernya “mungkin” tidak berniat untuk sombong atau pamer dalam mengupdate statusnya tapi tanpa sadar bahwa yang dia miliki tidak semua orang punya. (terkadang dongkol juga liadnya)
Contohnya :
“Lama amat yah nyampe ke ethopia, padahal udah kangen ama pacar” , “oh.. ferrari ku, berlumpur banget dirimu yuk dimandiin dulu” atau “hore,,, dibeliin BB Bold ama papa”

5. Manusia Bijak
Manusia seperti ini biasanya statusnya diisi dengan kata-kata bijak, ayat-ayat Al-Qur’an tapi terkadang tidak jelas apa statusnya, apakah memancing komentar, mencari sensasi atau murni untuk saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran sampai saat ini masih dipertanyaan apa maksud dan tujuan user tipe begini.
Contoh status :
“sesungguhanya manusia itu kerugian, kecuali yang beriman dan beramal shaleh”, “ikatlah ilmu dengan menulisnya”, “orang bijak taat pajak”

6. Obsesi Penyuluh
User dengan tipe ini, isi statusnya selalu berusaha mengajak teman-temannya kearah yang lebih (bisa lebih baik.. bisa juga lebih buruk) atau bisa jadi himbauan untuk melakukan sesuatu
Contoh ; “Buanglah sampah pada tempatnya”, “Bencana ini adalah ujian dari sang khalik”, “Mungkin Tuhan mulai bosan dengan ulah kita.. ayo kita bertobat”..

7. Tukang Karoke
Status jenis ini biasanya berisikan lirik-lirik lagu yang bisa jadi lagu favorite, lagu kenangan atau lagu yang didengerin pas boker oleh kuncen fb status tersebut
Contoh : “kuncup dihatiku layu sebelum berkembang”, “hafizah… kau gadis yang paling cantik”, “ingin hilang ingatan”, “ibu..ibu.. bapak..bapak.. siapa yang punya anak bilang aku” (pokoknya lirikers abis)

8. Bioskopholic/ Movieholic
Seperti judul tipenya,,, user fb yg satu ini, isi statusnya memberikan recomendasi/review tentang film yang baru ditontonnya (baik dari bioskop, vcd bajakan atau you tube).
Contoh statusnya :
“Paku kuntilanak” laknat abis tuh film… buat degradasi moral aja
“Ice Aged 3” wuih,,, recomended deh..
“Hantu Puncak Datang Bulan” film kancut. Ngak ada faedahnya.. Cuma nambah dosa..
“Setan Kredit” wuih… top abis.. warkop emang mantep!

9. Tipe Pedagang
User ini memanfaatkan status sebagai tempat/lapak dagang, mungkin disebabkan untuk sewa dipasar tradisional yang kurang strategis atau menyewa outlet di Mall yang harganya 20x lipat dari untung merchant yang dijual.
Contohnya neh :
“DIJUAL SEBIDANG TANAH UKURAN 2 X 25 METER, COCOK UNTUK USAHA WC UMUM”
“DIJUAL LAPTOP MEREK MASPION,,BLA…BLA..BLA..”
“dijual SELOTIP BEKAS… berminat.. comment dibawah status ini”

10. Hidden Message
Seperti judulnya statusnya biasanya ditujukan untuk orang-orang tertentu… tapi ngak to do point.. dan sialnya lagi.. biasanya orang yang dituju tuh terkadang tidak ada didaftar temen, atau terkadang meski ada.,,, yang dituju kelamaan nunggu mending sms atau telpon aja..
Contoh:
“eh cowok laknat… ngapain lu deketin cw gw… ngak puas lu ama cw lu”
“eh cewek yang pake baju ijo duduk di meja no.45… tolong ngak usah lu lirik-lirik cowok gua yah”

11. Misterius
Status ini, biasanya maksud, tujuan serta manfaat dan metedologi penelitiannya hanya diketahui oleh user maker status tersebut, terkadang hanya Tuhan dan Pembuat statuslah yang tau apa maksud dari statusnya.
Contoh :
“Dahsyatnya”
“Cukup.. aku tak sanggup”
KAAMMMPPPPRRRRREEEEET !"

0 komentar:

Posting Komentar