Rabu, 22 Februari 2012

Iran Mengancam Boikot Olimpiade Di London

Iran kemungkinan akan memboikot penyelenggaraan Olimpiade 2012 setelah menyatakan logo Olimpiade yang akan berlangsung di London tersebut berbau rasis karena menyimbolkan kata 'zion'.



Komite Olimpiade Nasional Iran, seperti dilansir BBC, Selasa (1/3), telah menyerahkan sebuah surat ke Komiter Olimpiade Internasional, IOC, dengan mengkritik bahwa tanda logo Olimpiade 2012 bisa diartikan sebagai zionis. Surat itu juga mendesak negara muslim lainnya untuk menentang logo rasisme tersebut.

Surat yang dikirim Bahram Afsharzadeh, sekretaris jenderal Komite Olimpiade Iran untuk Presiden IOC Jacques Rogge itu juga mengatakan "Tidak ada keraguan jika masalah tersebut diindahkan, bisa mempengaruhi kehadiran sejumlah negara di penyelenggaraan Olimpiade, terutama Iran yang sangat mematuhi komitmen terhadap nilai dan prinsip".

Tapi sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh IOC menyatakan Logo Olimpiade London 2012 menggambarkan tahun 2012, tidak ada yang lain.

Logo Olimpiade London menunjukan angka "2012" dalam empat bentuk bergerigi dan sebenarnya juga dikritik karena desainnya yang dianggap kurang bagus. Tetapi bentuk design tersebut memang juga mengisyaratkan kata 'zion'.

Sementara itu Komite Penyelenggara Olimpiade London, Locog, mengatakan logo itu diterbitkan pada tahun 2007 setelah melalui proses pengujian dan konsultasi.

0 komentar:

Posting Komentar