Blackberry
dikembangkan oleh sebuah perusahaan canada yang hingga saat inipun,
tidak banyak orang yang mengetahui namanya. Sangat berbeda denga Nokia
dan Motorola ataupun microsoft yang namanya dikenal luas, pembuat
blackberry adalah perusahaan yang bernama Research in Motion.
Didirikan
oleh seorang imigran yunani di kota waterloo, kanada. Pendiri Research
in Motion, Mike Lazaridis dilahirkan di Turki, membangun sebuah
pemutar rekaman dsi Lego pada umur 4 (empat) tahun, sebuah radio pada
umur 5 (lima) tahun, dan berkuliah di Universitas Waterloo.
Dia
memilihg drop out setelah memenangkan kontrak senilai 560 ribu US
Dollar. Para pesimis mengasumsukan bahwa pesaing besar akan
menenggelamkan produk blckberry dengan membanjiri pasar dengan produk
yang serupa. Namun hingga saat ini, tidak ada satupun perusahaan seperti
nokia, motorola atau bahkan microsoft yang sanggup membuat pesaing
blackberry.
Keunggulan
blackbery adalah mempunyai penampilan yang sangat bersabahat dan bisa
selalu terhubung, jadi dimanapun anda, anda bisa selalu mengakses
email. Sejak peluncurannya pada tahun 1999, blackberry telah meraup
lebih dari 8 juta pelanggan di seluruh dunia.
Sejalan
dengan peningkatan kemampuan layanan komunikasi seluler, blackberry
pun ikut terangkat. Dan dengan makin turunnya biaya komunikasi, pada
akhirnya BlackBery menjadi sebuah fenomena.
Awalnya,
sejarah BlackBerry ingin dinamakan Pocket Link sebuah nama yang
fungsional tapi membosankan, kemudian juga hampir dinamakan Strawberry,
karena mirip dengan buah strawberry, tapi terkesan terlalu jinak.
Sehingga dinamakan Blackberry, nama yang akrab tapi cerdas.
BlackBerry
masuk ke pasar pertama kali dengan memfokuskan diri pada layanan
e-mail gegas. Pada awalnya, perangkat BlackBerry hanya memiliki layar
monokrom, tetapi sekarang semua modelnya sudah memiliki tampilan layar
berwarna.
Saat
ini, RIM juga menawarkan layanan email BlackBerry untuk
perangkat-perangkat non-BlackBerry seperti Palm Treo dan Nokia E61,
melalui peranti lunak BlackBerry Connect.
Mengapa
banyak orang yang kepincut BlackBerry? Salah satunya adalah
keunggulannya mengirim dan menerima surat elektronik: secepat mengirim
dan menerima SMS.
BB
pun menjadi gadget yang wajib dimilki oleh remaja-remaja yang inign
diakui ke-eksist-annya. Setelah serial Gossip Girl secara fenomenal
mempromosikan BB. Serial tentang kehiduppan anak-anak muda upper Class
Manhattan, Ney York-USA itu melabeli Blackberry sebagai lambang status
kelas atas.
0 komentar:
Posting Komentar