Selasa, 03 April 2012

Ritual Dan Tradisi Aneh Saat Masa Puber

Masa puber adalah masa yang istimewa bagi sebagian suku di dunia. Saat itulah mereka dianggap dewasa. Berikut ini beberapa ritual dan tradisi unik dari berbagai suku di dunia dalam merayakan puber

1. Potong Gigi

Potong gigi adalah ritual khas masyarakat di Bali. Potong gigi atu dikenal juga dengan metatah dipercaya akan dapat mengikis kebiasaan buruk dalam diri manusia. Potong gigi ini sifatnya wajib bagi pria dan wanita yang sudah mulai beranjak dewasa.

2. Tatoo

Di Paraguay dan Brazil, bila perempuan sudah beranjak dewasa dan sudah mengalami menstruasi pertamanya akan ditatoo. Mereka akan dilukai dengan tulang pada bagian punggung, dada dan perut, kemudian ditaburi abu agar menjadi permanen.

3. Meminum Air Mani

Pada suku pedalaman di Papua New Guinea, air mani dipercaya memberikan kematangan seksual bagi para pemudanya. Bagi mereka, air mani mengandung sifat kejantanan dan kepeminpinan dari kepala suku mereka, sehingga saat pemuda nya sudah mulai dewasa, mereka harus meng-oral kepala sukunya dan meminum air maninya

4. Sunat

Sunat atau Khitan di beberapa negara menjadi hal yang lumrah dilakukan. Sunat ini biasanya dilakukan saat pria beranjak dewasa atau mulai masa pubernya.

5. Dipukuli Sampai Pingsan

Di Uaupes, Brazil, apabila wanita sudah mulai menstruasi, maka dia akan diasingkan selama sebulan, hanya boleh mengkonsumsi roti dan air saja. Setelah masa pengasingannya selesai, dia akan dibawa keluar dengan telanjang, lalu akan dipukuli dengan tongkat oleh keluarga dan teman-temannya. Hanya ada dua kemungkinan, mati atau pingsan. Klo dia bisa bangun, maka akan dipukuli lagi, hal itu terus berulang sampai 4x. Setelah 4x , tongkat yang digunakan untuk memukulinya akan dimasukkan ke dalam tungku yang berisi lemak untuk kemudian dijilatinya. Setelah itu maka perempuan itu dianggap sudah dewasa dan layak untuk dinikahi.

6. Potong Rambut

Di Afrika Timur, Bila seorang anak lelaki sudah mulai beranjak dewasa, maka dia akan dipotong rambutnya, lalu bagian dahi akan dibuat semacam alur horizontal dari telinga ke telinga.

7. Tidur diatas Sarang Semut

Di Indian, bila laki-laki sudah beranjak dewasa, maka dia harus tiduran diatas sarang semut, walau kesakitan, dia tidak boleh menangis sama sekali.

0 komentar:

Posting Komentar