Rabu, 07 Maret 2012

Kuintet Gol Lionel Messi Gunduli Bayer Leverkusen

Messi tampil sensasional dengan lima kali mengoyak jala Leverkusen dan mengantar Barca menang 7-1 di Camp Nou.

UEFA Champions League: FC Barcelona- Bayer Leverkusen
Getty
Setelah menundukkan Bayer Leverkusen 3-1 pada partai pertama perdelapan-final Liga Champions di BayArena, Barcelona membukukan skor yang jauh lebih telak saat bertindak sebagai tuan rumah di Camp Nou, Kamis (8/3) dinihari WIB.

Tak tanggung-tanggung, wakil Bundesliga itu dihantam 7-1! Lionel Messi, yang absen dalam partai terakhir Barca di La Liga, amat pantas disebut sebagai bintang utama laga dengan gelontoran lima gol yang ditorehkannya.

La Pulga menjadi pesepakbola pertama yang mampu menorehkan kuintet gol sejak format turnamen berganti menjadi Liga Champions -- sebelumnya European Cup. Dua gol lain tuan rumah disarangkan pemain pengganti, Cristian Tello. Sementara Leverkusen memperoleh gol hiburan melalui Karim Bellarabi di menit-menit akhir.

Hasil tersebut membuat The Catalans melenggang ke babak delapan besar dengan keunggulan agregat absolut 10-2.

Jalannya pertandingan:

Menguasai alur permainan sejak peluit kick-off ditiup wasit, Barca langsung memperoleh peluang di menit ke-11. Menerima umpan dari Cesc Fabregas, Messi melepaskan tembakan yang masih bisa ditangkal oleh kiper Bernd Leno.

Blaugrana kemudian dua kali mengancam lewat sepakan bebas Xavi Hernandez, masing-masing pada menit ke-13 dan 24, namun seluruhnya masih gagal membuahkan angka. Percobaan pertama Xavi meleset tipis, sedangkan yang kedua ditepis Leno.

Gawang Leverkusen akhirnya jebol di menit ke-25. Umpan terobosan Xavi diterima Messi yang lolos dari perangkap off-side. Si Kutu kemudian men-chip bola melewati Leno.

Setelah tembakannya saat laga berumur setengah jam laga diblok, Messi akhirnya sukses menggandakan keunggulan Barca di pengujung babak pertama.

Empat menit usai turun minum, Messi memastikan hat-trick-nya. Setelah mendapat operan Fabregas, bintang Argentina ini kembali menaklukkan Leno lewat cungkilannya.

Cristian Tello, yang baru saja masuk selama kurang dari semenit, langsung mengubah skor menjadi 4-0 bagi tuan rumah lewat tembakan datar ke tiang jauh (55').

Hanya tiga menit berselang, Messi mencatatkan nama dalam scoresheet untuk kali keempat setelah menceploskan bola dari jarak dekat menyusul tangkapan kurang sempurna Leno.

Pada menit ke-62, Tello melesakkan gol keduanya. Seperti yang pertama, torehan kedua youngster 20 tahun ini pun berasal dari tembakan di sisi kanan kotak penalti Leverkusen. Meski upaya Tello kali ini sempat mengenai Leno, bola tetap bergulir masuk ke gawang Leverkusen.

Sempat mengendurkan tekanan dengan memimpin 6-0, Barcelona kembali menambah angka enam menit jelang waktu normal habis. Messi lagi-lagi muncul sebagai pencetak gol via tendangan melengkung dari tepi kotak penalti.

Posisi La Pulga pun makin kokoh sebagai topskorer UCL. Koleksinya musim ini telah menyentuh angka 12 gol dari tujuh partai.

Leverkusen memperkecil kedudkan menjadi 7-1 di akhir pertandingan lewat tendangan keras Karim Bellarabi menyusul umpan satu-dua dengan Simon Rolfes. Bagi Leverkusen, hasil ini membuat mereka menyamai rekor jelek AS Roma dan Sporting CP sebagai tim dengan kekalahan terbesar di fase knock-out UCL.

0 komentar:

Posting Komentar